Launching Buku Dalam Kegiatan Pembukaan Perkuliahan Pascasarjana.
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Launching Buku Dalam Kegiatan Pembukaan Perkuliahan Pascasarjana.

Minggu, 18 Oktober 2020


Stadium general kali ini dilaksanakan dalam rangka pembukaan perkuliahan pascasarjana yang diisi dengan kegiatan launching buku terbaru terbitan pascasarjana IAI al-Alqolam. Buku yang akan diperkenalkan kepada hadirin adalah buku Selayang Pandang yang merupakan karya kolektif dari mahasiswa semester 2 Pascasarjana. Dan buku kedua adalah Jurnal Studi Pesantren yang merupakan kumpulan tulisan ilmiah yang dikerjakan oleh dosen, dan beberapa pihak lain yang kompeten di bidang studi pesantren. Jurnal ini nantinya akan dijadikan bahan ajar untuk mahasiswa periode berikutnya.


Kegiatan launching buku ini merupakan upaya untuk memotivasi mahasiswa-mahasiswa pascasarjana agar bisa produktif menghasilkan karya-karya sehingga bisa dikenang dan bermanfaat bagi oranglain. 

"Jadi, kuliah disini tidak hanya diajarkan bagaimana mendidik, tapi juga bagaimana bisa menghasilkan sesuatu atau karya-karya" sebagaimana penuturan dari Kaprodi.


Tahun ini pascasarjana memang masih memasuki usia kedua namun para dosen dan Kaprodi terutama, berharap kepada seluruh mahasiswa baru agar berani mencoba. Berani untuk menulis dan berkarya. Mahasiswa harus bisa membuat produk sendiri agar kemudian karyanya bisa diberikan pada murid-muridnya. Dengan harapan sanad ilmu yang didapatkan oleh murid-muridnya jelas dan mutawatir.


Bapak Kaprodi melanjutkan, goal utama Pascasarjana tidak hanya memberi pengetahuan saja, namun akan lebih mengarahkan mahasiswa untuk bisa lebih produktif dan menghasilkan banyak karya. Selain itu, tulisan-tulisan yang akan dijadikan karya harus banyak mengambil sumber-sumber yang kredibel. Bahan utama dalam menuliskan karya diharapkan bersumber dari kitab-kitab klasik.

Pascasarjana akan memulai perkuliahan pada tanggal 24 Oktober 2020. Perkuliahan akan dilakukan dengan 2 sistem yakni Daring dan Luring. Untuk perkuliahan Daring akan dilaksanakan dengan 2 metode, yakni menggunakan google classroom dan google Meeting. Selamat atas terlaksananya kegiatan Stadium General dan Launching Buku oleh Pascasarjana. Selamat datang Mahasiswa baru, Semoga bisa menjadi para akademisi yang bermanfaat bagi sesama.